Apa Itu Kartu Magnetic Stripe....!!!!

Kartu magnetic stripe adalah jenis kartu yang mampu menyimpan data  dengan memodifikasi magnet yang kecil berbasis besi partikel magnetik pada pita bahan kartu magnetik. Garis magnetik, sering disebut juga kartu gesek atau magstripe, ia dapat dibaca ketika ada kontak fisik dan menggesekkannya melewati mesin pembaca atau card reader.

Pertama kali diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan, sejumlah organisasi internasional standardisasi  standar ISO / IEC 7810, ISO / IEC 7811, ISO / IEC 7812, ISO / IEC 7813, ISO / IEC 8583 dan ISO / IEC 4909,yang mendefinisikan sifat fisik kartu, termasuk ukuran, fleksibilitas, lokasi, karakteristik magnetik magstripe, dan format data. Mereka juga menyediakan standar untuk kartu keuangan, termasuk alokasi rentang nomor kartu ke kartu yang berbeda.

Istilah Istilah :
  1. Magnetic Stripe Bahan magnetic yang digunakan sebagai sebuah area hitam pada permukaan kartu yang digunakan untuk meng-encode informasi pada id card. Ada 2 tipe magnetic strip yaitu HiCo (high coercivity) dan LoCo(low coercivity)
  2. LoCO Atau Low coercivity adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetik yaitu antara 250 - 600 Oe (ISO 7811-2). Warna stripe adalah coklat
  3. HiCO Atau High coercivity adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetik yaitu antara 2500 - 4000 Oe (ISO 7811-6). Warna stripe adalah hitam
  4. Encode Yaitu proses "penulisan" informasi secara elektronis pada magnetic stripe atau chip smart card. Encoding dikerjakan oleh modul encoding pada id card printer yang mana modul ini adalah modul tambahan/opsional. Melalui software tertentu, informasi yang "ditanamkan" ditransfer melalui modul ini.
  5. Coercivity Koefisien dari magnetic stripe yang menunjukkan sejumlah gaya yang diperlukan sebelum jenuhnya (saturasi) magnet dan diukur dalam satuan Oersted (Oe). Ada 2 koefisien magnetic stripe yang umum di pakai yaitu hico (high coercivity) dan loco (low coercivity)

Sumber by : http://mediacardghuroba.blogspot.com
Share on Google Plus

About Poerwalaksana

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar