Mari berlibur ke Situ Cangkuang Garut....!!!!

Mari berlibur ke Situ Cangkuang Garut....!!!!

Situ Cangkuang ialah salah satu objek wisata yang dibanggakan masyarakat Garut karena bukan hanya keindahan alamnya saja yang menjadi andalan, namun kaya akan nilai-nilai historisitas. Mengunjungi Situ Cangkuang seolah akan membawa pengunjung kepada eksotisme dan keindahan surga dunia yang sengaja diberikan Tuhan. Bayangkan saja, Situ Cangkuang memiliki panorama yang menyilaukan mata dan membuat betah pengunjungnya, yang dipadu dengan udaranya yang sejuk serta kerap kali dituruni oleh salju tipis.

Mari berlibur ke Situ Cangkuang Garut....!!!!
Situ Cangkuang ditutupi oleh bunga teratai yang indah, dimana ditengah-tengahnya ada sebuah pulau kecil, dan di pulau kecil itulah Candi Cangkuang ada. Penamaan Cangkuang sendiri diambil dari pohon Cangkuang yang masih terdapat di kawasan tersebut. Di dekat situ ada sebuah makam Arif Muhammad yang dianggap sebagai penyebar agama Islam tersohor yang datang dari Kerajaan Mataram.

Mengunjungi Situ Cangkuang tidak hanya sekadar menikmati sajian alam yang menawan. Namun romantisme Hindu dan Islam yang pernah tergali dari situs candi yang ditemukan di tengah Situ Cangkuang. Candi bercorak Hindu ini ditemukan pada tahun 1966 oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Candrasasmita berdasarkan atas laporan yang ditulis Vorderman dalam buku notulen Bataviaasch Genootshap (terbit tahun 1893). Dalam tulisan tersebut disinggung tentang temuan sebuah arca (Hindu) di sekitar situ.

Bentang alam yang dikelilingi oleh Situ Cangkuang memberikan nilai keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat lain yang sejenis. Selain itu secara geografis Situ Cangkuang memiliki luas kawasan yang cukup luas 340,775 Ha. Situ Cangkuang yang menjadi bagian kronologis sejarah Islam tidak terlepas dari nilai heritage dan berubah menjadi daerah tujuan wisata yang sangat menarik. Beberapa fasilitas yang terdapat disini antara lain museum, kios makanan, dan cinderamata, tempat parkir, pos tiket, gerbang pintu masuk, pelayanan informasi, toilet, shelter, tempat sampah, dermaga rakit.

Lokasi

Situ Cangkuang berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat -Indonesia.
Share on Google Plus

About Poerwalaksana

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar